10 November 2022, 21:42 WIB | Telah dibaca : 857 kali
Menjadi Pahlawan Dengan Karya Kreatif

 

Jakarta - Menjadi pahlawan kini tak lagi perlu berjibaku adu senjata di medan perang. Berbagai cara dapat dilakukan selama kita dapat menjadi teladan, inspirasi, serta berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Inilah yang telah dilakukan oleh para peserta kompetisi Festival Kreatif Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APUPPT) tahun 2022, yang telah menyajikan beragan karya kreatif dalam bentuk Komik Strip dan Iklan Layanan Masyarakat dengan tema “BERANTAS (Berani, Lawan, Tuntaskan) Kejahatan Pencucian Uang di Bidang Lingkungan”.

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) selaku penyelenggara kompetisi telah menerima karya para peserta dan telah memilih sejumlah pemenang yang disampaikan dalam acara Penganugerahan Festival Kreatif APUPPT 2022, Kamis, 10 November 2022 bertempat di Auditorium Yunus Husein, Gedung PPATK, Jakarta Pusat. Semangat dari kompetisi ini adalah mengedukasi publik tentang pencucian uang di bidang lingkungan, khususnya bagi generasi muda dengan berkarya, agar mudah dipahami sekaligus memiliki sebuah output yang dapat berguna bagi masyarakat lainnya.

Ketua Panitia Festival Kreatif APUPPT, Muhammad Novian yang juga merupakan Kepala Biro Umum PPATK mengatakan bahwa kompetisi ini adalah kali ke-4 yang diselenggarakan sejak tahun 2019 dengan beragam kategori perlombaan yang berbeda seperti desain maskot, pembuatan jingle hingga pembuatan poster.

“Tahun ini jumlah karya yang masuk untuk Iklan Layanan Masyarakat sejumlah 84 karya dan Komik Strip sejumlah 94 karya, dan telah melalui proses penilaian baik oleh juri internal maupun juri eksternal,” ungkap pria yang akrab dipanggil Novian ini.

Ia menambahkan jika di tahun ini tantangan bagi peserta memang lebih meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, mengingat tema yang sangat spesifik tentang pencucian uang pada kejahatan lingkungan, yang harus dapat dipahami secara seksama.

“Dari sini kami juga dapat memetakan pemahaman masyarakat terutama generasi muda, sehingga akan menjadi insight bagi PPATK dalam merencanakan dan melaksanakan program edukasi kepada publik yang lebih komprehensif dan tepat,” lanjutnya.

Sekretariat Utama PPATK, Alberd Teddy Benhard Sianipar dalam sambutannya mengatakan bahwa peran aktif masyarakat terutama para peserta Festival Kreatif APUPPT 2022 yang notabennya para generasi muda sangatlah penting. Sebagai punggawa bangsa ini kelak tentu harus memilik integritas diri yang kuat.

“Karya kalian semua adalah bentuk kontribusi nyata bagi masyarakat. Dengan karya ini pun, kalian bisa menginsipirasi jutaan generasi muda lainnya untuk terpacu berkontribusi dengan cara mereka masing-masing,” ucap Alberd.

Ia juga mengatakan, bersamaan dengan momen Hari Pahlawan ini, seluruh peserta adalah Pahlawan dengan cara mereka masing-masing, tak terkecuali melalui sebuah karya kreatif.

“Tetap jaga integritas, berkontribusi bagi bangsa, jangan berpuas diri, terus kembangkan minat dan potensi kalian,” pungkasnya.

          Festival Kreatif APUPPT telah diselenggarakan PPATK sejak tahun 2019 dengan beragam kompetisi yang berbeda. Pada tahun 2019 PPATK memperlombakan Maskot, Poster, dan Film Pendek, tahun 2020 memperlombakan Jingle PPATK dan Komik, tahun 2021 memperlombakan pembuatan Poster Pendanaan Terorisme dan Iklan Layanan Masyarakat Anti Pencucian Uang. Tujuannya untuk meningkatkan partisipasi generasi muda agar berperan serta dalam pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang dan pendanaan terorisme, melalui pemberdayaan kreatifitas dalam bentuk karya seni.

Adapun tahun 2022 ini memperlombakan Komik Strip dan Iklan Layanan Masyarakat, dengan daftar para pemenang sebagai berikut :

 

Lomba Iklan Layanan Masyarakat

  1. Juara I Aprizal Yogi dari Provinsi Jambi
  2. Juara II Abdul Wahid dari Provinsi Jawa Timur
  3. Juara III Rahmat Syaifudin dari Provinsi Jambi
  4. Harapan I Pramodya Talla dari Provinsi Banten
  5. Harapan II El Fajri Aulia Mahdi Provinsi Jawa Barat

 

Lomba Komik Strip

  1. Juara I Yan Baptista Teguh Patrianto dari Provinsi Jawa Barat
  2. Juara II Nana Maulana dari Provinsi Jawa Barat
  3. Juara III Lady Debora dari Provinsi Jawa Tengah
  4. Harapan I Yohanes Tenggara dari Provinsi DKI Jakarta
  5. Harapan II Dimas Aryo Wirawan dari Provinsi DKI Jakarta
Tags : Festival Kreatif APUPPT 2022, PPATK