24 Juni 2022, 12:43 WIB | Telah dibaca : 2280 kali
Jaga Terumbu Karang Kita


Labuan Bajo - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) bersama dengan PT Pegadaian melakukan transpalantasi terumbu karang di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Kamis, 23 Juni 2022. Penanaman yang dilakukan secara simbolik ini merupakan rangkaian dari peringatan 2 Dekade Anti Pencucian Uang dan Pendanaan Terorisme (APUPPT) di Indonesia.
Penanaman terumbu karang merupakan salah satu kepedulian PPATK dan PT Pegadaian untuk turut melestarikan lingkungan dan mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang terkait kejahatan lingkungan hidup atau yang disebut dengan Green Financial Crimes (GFC). 


Direktur Strategi Kerja Sama Internasional PPATK, Tuti Wahyuningsih mengatakan bahwa saat ini Green Financial Crimes semakin menjadi perhatian karena kejahatan di bidang Kehutanan dan lingkungan hidup tumbuh jauh lebih pesat dari pertumbuhan ekonomi global. “Data dari Financial Action Task Force (FATF) kerugian yang diakibatkan dari kejahatan ini mencapai lebih dari Rp 1.540 triliun per tahun” ungkap Tuti
Sebagai mitra kerja PPATK, PT Pegadaian diharapkan mampu bekerja sama dalam menyampaikan adanya laporan transaksi mencurigakan khususnya terkait tindak pidana Green Financial Crime ini. “Kami mengapresiasi semangat dan komitmen PT Pegadaian selama ini dan semoga kerja sama ini dapat terus berlangsung” harap Tuti.


Dalam Kegiatan tersebut Senior Executive Vise President Manajemen Resiko PT Pegadaian, Eko Susetyo mengatakan bahwa PT Pegadaian siap memerangi Green Financial Crime sebagai bentuk komitmen kuat PT Pegadaian dalam mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang. “PT Pegadaian siap dukung PPATK untuk mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang” jelas Eko. 
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Divisi Kepatuhan PT Pegadaian, Hertin Maulida, Deputi Bisnis PT Pegadaian Area Ende I Ketut Wardana, Kepala Sub Bagian TU Pusat Pemberdayaan Kemitraan APUPPT PPATK, Adhitya Abriansyah Afandi serta perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Manggarai Barat dan Balai Taman Nasional Komodo. DF

Tags : Green Financial Crime, 2 Dekade Gerakan APUPPT, PPATK, Pegadaian