31 Januari 2022, 21:04 WIB | Telah dibaca : 7249 kali
Komisi III DPR RI Apresiasi Capaian Kinerja PPATK Tahun 2021

Jakarta – Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Ivan Yustiavandana, menghadiri Rapat Kerja Komisi III DPR RI, Senin, 31 Januari 2022, di Gedung Nusantara II DPR RI. Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni. Agenda rapat kali ini membahas tentang evaluasi kinerja PPATK tahun 2021 serta rencana kerja di tahun 2022.

Kepala PPATK menjelaskan, di tahun 2021 PPATK telah meraih capaian kinerja utama mencapai 120%, rata-rata capaian kinerja strategis mencapaik 107%, serta realisasi anggaran mencapai 98.24%.

“Sepanjang tahun 2021, PPATK telah menerima sekitar 73 ribu Laporan Transaksi Keuangan Mencurigakan (LTKM); 19,7 juta Laporan Transaksi Dari dan Ke Luar Negeri (LTKL); 2,4 juta Laporan Transaksi Keuangan Tunai (LTKT); dan 39 ribu Laporan Transaksi Penyedia Barang dan/atau Jasa (LT PBJ),” jelasnya.

Dalam rencana kerja di tahun 2022, PPATK masih akan berfokus pada peningkatan kapabilitas personil rezim APUPPT, karena keandalan sumber daya manusia rezim APUPPT adalah kekuatan dasar dalam mewujudkan suatu negara yang berintegritas.

“Sejalan dengan Proyek Prioritas Menjaga Stabilitas Keamanan Nasional, Pendidikan dan Pelatihan Bagi Aparat Penegak Hukum telah ditetapkan sebagai program Prioritas Nasional PPATK di tahun 2022,” jabar Kepala PPATK.

Untuk itu, melalui rapat ini Kepala PPATK sangat mengharapkan dukungan dari Komisi III DPR RI serta mitra kerja strategis lainnya.

“Melalui sinergi yang optimal dengan seluruh pemangku kepentingan rezim APU PPT, mulai dari Komite TPPU, Pihak Pelapor, Lembaga Pengawas dan Pengatur (LPP), Aparat Penegak Hukum, Kementerian dan Lembaga terkait, serta Komisi III DPR RI,” ungkapnya.

Selama sesi diskusi berjalan, sejumlah apresiasi disampaikan anggota Komisi III DPR RI kepada PPATK atas capaian yang telah diraih sepanjang tahun 2021 diantaranya, Opini WTP 15 tahun berturut-turut, Raihan Penghargaan Meritrokrasi dari KASN dengan kategori Sangat Baik, serta tercapainya kinerja yang mencapai lebih dari 100% serta penyerapan anggaran hampir mencapai 98%.

Turut hadir mendampingi Kepala PPATK, Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan, Zainal Muttaqin, Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi dan Tata Laksana, Albert Huppy Wounde, Direktur Analisis dan Pemeriksaan II, Aris Priatno, Direktur Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Tuti Wahyuningsih, serta Inspektur, Supriadi. (MT)

Tags : DPR RI, PPATK, Capaian Kinerja, Komisi III