18 Oktober 2022, 12:38 WIB | Telah dibaca : 2151 kali
PPATK Kembali Raih JDIHN Awards

 

Jakarta – Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) kembali meraih penghargaan JDIHN Awards dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, pada Selasa, 18 Oktober 2022 dalam acara Pertemuan Nasional Pengelola JDIH Tahun 2022 bertempat di Jakarta. Pada tahun ini PPATK meraih predikat terbaik III pada kategori Lembaga Pemerintah Non Kementerian. Penghargaan ini diterima langsung oleh Sekretaris Utama PPATK, Alberd Teddy Benhard Sianipar.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly mengatakan pengelolaan JDIH yang berkelanjutan adalah kebutuhan setiap pemilik dokumentasi produk hukum di Indonesia, terutama di zaman yang serba menuntut kecepatan dan ketepatan waktu maupun informasi.

“Pengelolaan dokumentasi produk hukum saat ini membutuhkan peran kemajuan teknologi informasi untuk dapat memberikan kemudahan jangkauan masyarakat untuk mengaksesnya,” jelas Yasonna.

Ia menambahkan bahwa banyak sekali manfaat JDIH bagi masyarakat dan kementerian/lembaga.

“Melalui dokumentasi regulasi yang ada JDIHN, barangkali kita dapat menganalisis berbagai kelemahan produk hukum di Indonesia seperti tumpang tindih kebijakan,” ungkapnya.

Sekretaris Utama PPATK mengapresiasi atas capaian ini, karena menunjukkan komitmen PPATK untuk memberikan pelayanan yang prima dalam hal penyediaan produk hukum PPATK secara mudah dan dengan jangkauan yang lebih luas.

“Tentu prestasi ini tidak akan menjadikan kami berpuas diri. Berbagai evaluasi kedepannya akan dilakukan dan terus mengembangkan layanan JDIH PPATK agar semakin mudah dijangkau, diakses, dan dimanfaatkan secara optimal,” ungkap Alberd.

Lebih lanjut, Alberd mengatakan peran masyarakat dalam mengawasi kebijakan pemerintah dalam bentuk produk hukum juga sangat penting dan perlu mendapat perhatian khusus.

“Ke depan, tidak hanya dalam penyediaan produk hukum saja namun kami juga akan berfokus pada bentuk kegiatan inovatif lain untuk mengundang partisipasi serta mendapatkan beragam masukan dan saran dari masyarakat,” pungkasnya. (MT)

Tags : PPATK, JDIH