20 Januari 2022, 13:22 WIB | Telah dibaca : 11533 kali
Audiensi PPATK dengan Asbanda

 

Jakarta – Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menerima kunjungan audiensi dari Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) di Gedung PPATK, Kamis, 20 Januari 2022. Acara ini dihadiri oleh Ketua Umum / Dirut BPD Jateng, Supriyatno, beserta segenap jajaran, dan diterima oleh Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana yang didampingi oleh Sekretaris Utama, Rinardi beserta sejumlah pejabat Eselon II di lingkungan PPATK. Tujuan dari pertemuan ini sebagai bentuk silaturahmi guna meningkatkan sinergi dan kolaborasi dalam menegakkan Rezim Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APUPPT).

Dalam sambutannya, Kepala PPATK menyampaikan apresiasi atas kinerja Bank Pembanguan Daerah (BPD) selama ini yang turut mendukung PPATK dalam mencegah dan memberantas Pencucian Uang maupun Pendanaan Terorisme.

“Komitmen kuat dan peran aktif dari top manajemen BPD selalu dibutuhkan dalam penerapan program APU PPT yang mendukung efektivitas rezim APU PPT Indonesia,” jelas Kepala PPATK.

Selain itu, dirinya berharap pertemuan ini dapat menyatukan frekuensi antara PPATK dengan pihak pelapor, terutama untuk BPD dalam hal peningkatan kualitas dan kepatuhan pelaporan serta persiapan kedepan dalam menghadapi kontestasi politik yang sudah di depan mata, untuk mencegah dan mengawasi berbagai aliran dana yang mencurigakan melalui BPD.

“Kami sangat mendukung apa yang telah dilakukan oleh bapak Kepala PPATK. Kedepan kami akan lebih meningkatkan peran serta kami baik secara kualitas maupun kuantitas,” ungkap Ketua Umum Asbanda, Supriyatno.

Sebelumnya, telah dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama antara PPATK – OJK – KPK – Kemendagri – Asbanda yang bertujuan untuk meningkatkan sinergi seluruh pihak terkait penguatan BPD pada tanggl 8 Desember 2020. Acara penandatangan kesepakatan tersebut dihadiri oleh seluruh Pimpinan Lembaga, termasuk Ketua Umum Asbanda. (MT)