10 Desember 2020, 17:47 WIB
Rapat Kerja PPATK: Optimalkan Sinergi Pencegahan dan Pemberantasan TPPU dan TPPT

 

Depok – Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menyelenggarakan Rapat Kerja yang bertempat di Indonesian Financial Intelligence Institute (IFII). Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari, 9-11 Desember 2020 ini mengambil tema ““Peningkatan Sinergitas Internal dan Eksternal dalam Rangka Efektifitas Pencegahan dan Pemberantasan TPPU dan TPPT”. Raker dibuka dan dipimpin oleh Kepala PPATK, Dian Ediana Rae.

“Tahun 2020 merupakan tahun krusial dan penuh pembelajaran bagi organisasi kita yang berumur 18 tahun ini. Di tengah pandemi, banyak evaluasi yang harus kita lakukan, dengan terus berupaya meningkatkan kinerja organisasi,” kata Dian.

Dian juga menekankan PPATK mampu meningkatkan kontribusi dan memainkan peran yang penting dalam upaya penegakan hukum di Indonesia, khususnya terkait perkara tindak pidana pencucian uang (TPPU) dan tindak pidana pendanaan terorisme (TPPT). Upaya itu dapat dilakukan antara lain dengan optimalisasi Hasil Analisis, Hasil Pemeriksaan, dan Informasi PPATK dalam konteks penegakan hukum, asset recovery, dan penerimaan negara.

“PPATK harus memberi kontribusi signifikan dalam memberantas kejahatan ekonomi, TPPU, TPPT, dan seluruh kejahatan terkait lainnya,” lanjut Dian.

Raker PPATK antara lain membahas evaluasi kinerja pada tahun 2020, sekaligus rencana kerja tahun 2021. Output yang diharapkan adalah tersusunnya Rencana Aksi Tahun 2021, yang akan mendukung terlaksananya Perjanjian Kinerja dan Program Prioritas Rancang Bangun Peningkatan Kinerja PPATK.

“Di tengah tantangan yang semakin kompleks, PPATK harus memacu diri menjadi organisasi yang lebih agile, responsif, dengan terus memperkuat database, sistem pelaporan, teknologi informasi, hingga transformasi organisasi,” pungkas Dian.

Ketua Pelaksana Raker PPATK 2020, I Nyoman Jendrika, mengapresiasi peran aktif seluruh unsur Pimpinan dan panitia yang telah berupaya menyukseskan pelaksanaan Raker. Baginya, pelaksanaan Raker di tengah pandemi menjadi momentum positif meningkatkan soliditas internal PPAK.

“Raker diharapkan menjadi sarana PPATK dalam membangun organisasi yang kuat, responsif, dan modern,” kata Nyoman. (TA)

Tags : PPATK, APUPPT, TPPU, TPPT, RAKER, Rapat Kerja