PPATK Menggelar Bimbingan Teknis goAML kepada 110 Bank Umum

| 0

 

Jakarta - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengadakan bimbingan teknis selama dua hari, 12-13 Februari 2020 guna implementasi goAML dan mendiskusikan hal-hal yang dinilai kurang dipahami oleh Pihak Pelapor. Kegiatan yang juga merupakan bentuk uji coba goAML ini diselenggarakan dengan target aplikasi tersebut dapat go live di tanggal 1 Februari 2021, ditandai dengan total 110 Pihak Pelapor dari kalangan Bank Umum yang aktif berpartisipasi.

Kegiatan dibuka oleh Direktur Pelaporan PPATK, Soegijono Setyabudi, yang menyampaikan harapannya agar seluruh peserta dapat memaksimalkan kegiatan dengan berbagai pertanyaan dan diskusi. “Segala kendala implementasi goAML jangan sungkan untuk disampaikan, agar kita bersama tim goAML PPATK dapat merumuskan solusi terbaik,” katanya. "Targetnya jelas, kita semua siap menggunakan goAML sebagai sarana pelaporan kepada PPATK. PPATK akan terus melakukan sosialisasi kepada seluruh pemangku kepentingan guna memastikan penggunaan goAML ke depan dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan berarti," pungkasnya.

Kegiatan Bimtek hari pertama diisi dengan bimbingan teknis implementasi aplikasi goAML bersama 55 Bank Umum yang telah menjadi pilot project pengembangan aplikasi goAML. Sedangkan, hari kedua ditujukan kepada 55 Bank Umum yang belum menjadi pilot project. Kegiatan antara lain diisi dengan bimbingan teknis dan diskusi terkait tata cara registrasi aplikasi goAML. Bimtek ini juga menjelaskan mekanisme pelaporan untuk Laporan Transaksi Keuangan Mencurigakan (LTKM), Laporan Transaksi Keuangan Tunai (LTKT), Laporan Transaksi Keuangan Transfer Dana Dari dan/atau Ke Luar Negeri (LTKL). (VM/TA)

Submit
Komentar (0)
Tinggalkan Komentar