08 September 2022, 09:07 WIB | Telah dibaca : 915 kali
Rapat Kerja Komisi III, Kepala PPATK : Kami Fokus pada Program Green Economy dan Penyelenggaraan Pemilu Bersih Tahun 2024

Jakarta (7/9) -- Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) memenuhi undangan rapat kerja yang diselenggarakan oleh Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Rapat Kerja tersebut dipimpin oleh H. Desmond Junaidi Mahesa dari Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Agenda dalam Rapat Kerja ini adalah untuk mendengarkan penjelasan terkait Rencana dan Anggaran PPATK Tahun 2023.

Dalam pemaparan Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana menjelaskan bahwa rencana kerja dan anggaran PPATK tahun 2023 Berdasarkan Surat Bersama Menteri Keuangan dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, PPATK mendapatkan pagu anggaran sebesar Rp292 milyar. Lebih lanjut Ia menyampaikan bahwa pada tahun 2023 PPATK akan menjalankan 2 (dua) program yaitu Program Dukungan Manajemen sebesar Rp193,2 milyar dan Program Pencegahan dan Pemberantasan TPPU dan Pendanaan Terorisme sebesar Rp98,8 milyar. “Pagu pada program Dukungan Manajemen sudah termasuk Belanja Pegawai dan Belanja Barang Operasional sebesar Rp161,9 milyar” Papar Ivan.

Dalam kesempatan ini Kepala PPATK menjelaskan bahwa tema rencana kerja PPATK tahun 2023 adalah Optimalisasi Pencegahan dan Pemberantasan TPPU untuk peningkatan penerimaan negara, serta mendukung Program Green Economy dan Penyelenggaraan Pemilu Bersih Tahun 2024. Program tersebut berfokus pada Peningkatan kualitas teknologi informasi untuk mengantisipasi Kemajuan financial technology, Penguatan sinergi untuk mendukung transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemilihan umum, Peningkatan kerjasama internasional dalam rangka Kelanjutan Proses Keanggotaan Indonesia dalam FATF, Peningkatan tindaklanjut Hasil Analisis dan Pemeriksaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dan tindak pidana pendanaan terorisme (TPPT), Melanjutkan Pengukuran Indeks Kinerja Anti Pencucian Uang dan Pendanaan Terorisme, dan Peningkatan Kualitas Manajemen Internal berdasarkan Good Governance.

Pimpinan Rapat menyampaikan apresiasi atas kinerja yang telah dilakukan PPATK selama ini. “kami mengapresiasi kinerja yang telah dilakukan PPATK, untuk itu kami ingin mendengarkan penjelasan lebih rinci terkait rencana anggaran ini pada rapat kerja berikutnya tanggal 13 September 2022” ungkap Desmond. DF

 
0 KOMENTAR
Periksa keamanan
Masukan tulisan dibawah ini
Tidak terbaca? muat ulang
500 Karakter yang tersisa