Bahas Capaian Kinerja, PPATK Menghadiri Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi III DPR RI

| 0

Jakarta – Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Dian Ediana Rae didamping oleh Sekretaris Utama, Rinardi, menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR RI, Senin, 31 Agustus 2020. Dalam kesempatan ini, RDP membahas tentang Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2019. 

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III DPR, Desmond Junaidi Mahesa. Selain PPATK, turut hadir lembaga mitra kerja Komisi III DPR lainnya antara lain Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kepolisian RI, Kejaksaan Agung, Komisi Pemberantasan Korupsi, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Badan Narkotika Nasional, Komisi Yudisial, dan sejumlah lembaga lainnya.

Kepala PPATK menyampaikan bahwa realisasi anggaran tahun 2019 relatif tercapai dengan baik, ditandai dengan persentase realisasi sebesar 92,54% dan capaian kinerja sebesar 102,45%. Laporan Hasil Pemeriksaan dan opini Badan Pemeriksa Keuangan atas laporan keuangan PPATK tahun 2019 juga menempatkan PPATK pada opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), yang berhasil dipertahankan untuk ke-14 kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2006. 

“PPATK mengapresiasi dukungan dan bimbingan sejumlah pihak, antara lain Pimpinan dan seluruh anggota Komisi III DPR RI, begitu juga dengan jajaran Pimpinan berikut Tim Audit BPK,” kata Kepala PPATK.
Kepala PPATK juga menyampaikan progress atas sejumlah temuan BPK di tahun 2018 dan 2019, di mana seluruh temuan tersebut telah ditindaklanjuti. Temuan tahun 2018 telah diselesaikan sesuai dengan rekomendasi BPK, sedangkan temuan di tahun 2019 masih dalam tahap pemantauan oleh Tim BPK.

“Bagi PPATK, tekad dan komitmen untuk selalu menjaga akuntabilitas pengelolaan dana APBN adalah hal yang tidak dapat ditawar, guna memastikan tata kelola APBN selalu bersifat ekonomis, efisien, efektif, serta mendapat manfaat yang sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat,” tandas Kepala PPATK. (TA)

Submit