Gordon Hook Resmi Pensiun Sebagai Executive Secretary APG, Kepala PPATK Memberi Apresiasi

| 0

 

Jakarta – Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Ivan Yustiavandana, menyampaikan apresiasi kepada Executive Secretary organisasi Asia/Pacific Group on Money Laundering (APG), Gordon Hook, yang akan mengakhiri masa jabatannya setelah selama periode 18 tahun mengemban jabatan tersebut. Kepala PPATK menyampaikan apresiasinya bahwa di bawah kepemimpinan Gordon Hook, APG telah membangun komitmen yang sangat kuat bersama seluruh negara atau yurisdiksi terkait untuk memerangi berbagai bentuk kejahatan keuangan di kawasan Asia dan Pasifik.

APG merupakan bagian dari organisasi kawasan yang terhubung dengan organisasi Financial Action Task Force (FATF), atau kerap disebut dengan FATF Style Regional Bodies  (FSRBs). Organisasi ini terbentuk sejak tahun 1997, dan menjadi FSRBs yang terbesar dalam hal jumlah anggota dan ukuran geografisnya. Kini, APG telah memiliki 42 negara anggota, 8 Observer Jurisdictions, dan 33 Observer Organisations. Secara rutin, APG menjalankan peran dalam melaksanakan proses penilaian (Mutual Evaluation) kepada yurisdiksi terkait kepatuhan pada standar internasional anti-pencucian uang, pencegahan pendanaan terorisme, dan pendanaan proliferasi senjata pemusnah massal (APUPPT dan PPSPM). APG juga rutin merilis laporan tipologi perkembangan kasus APUPPT dan PPSPM, sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas seluruh pihak terkait di kawasan Asia dan Pasifik.

Kepala PPATK mengapresiasi kinerja baik Gordon Hook yang tidak hanya memperkuat APG di lingkup eksternal kawasan, tetapi juga membangun Sekretariat APG yang menjadi tulang punggung kesuksesan kerja-kerja APG selama ini. Secara konkret, Indonesia juga telah menjalani Mutual Evaluation oleh para asesor APG pada tahun 2017-2018 yang telah berhasil dilalui dengan baik. Hasil penilaian tersebut menjadi salah satu pijakan dalam keberhasilan Indonesia menjadi bagian dari keanggotaan penuh FATF.

“Mewakili PPATK, kami berharap yang terbaik untuk seorang Gordon Hook di masa depan. Ketahuilah bahwa delegasi Indonesia sangat menghormati Anda dan mendoakan kebahagiaan dan kesuksesan dalam fase baru kehidupan Anda,” ujar Kepala PPATK.

Gordon Hook memberi respons positif atas apresiasi PPATK. Ia juga menyampaikan bahwa posisi Executive Secretary APG untuk sementara akan diemban oleh David Shannon, hingga penunjukan Executive Secretary APG definitif.

“Saya berharap dan mendoakan segala hal yang terbaik bagi seluruh jajaran PPATK di masa depan,” ucap Gordon Hook. (TA).

Submit