21 Maret 2018, 09:02 WIB | Telah dibaca : 180 kali
Wakil Kepala PPATK Terpilih sebagai Vice Chair Information Exchange Working Group

Wakil Kepala PPATK Dr. Dian Ediana Rae (Foto: Istimewa)

 

BUENOS AIRES -- Salah satu keputusan yang dihasilkan dalam pertemuan tahunan Egmont Group di Buenos Aires, Argentina, 12 - 15 Maret 2018 adalah dipilihnya Wakil Kepala PPATK Dr. Dian Ediana Rae sebagai Vice Chair Kelompok Kerja Pertukaran Informasi untuk periode tahun 2018 hingga 2020. Egmont Group sendiri merupakan organisasi internasional yang menghimpun lembaga intelijen keuangan dari berbagai negara, dengan PPATK sebagai salah satu anggotanya. Sementara Kelompok Kerja Pertukaran Informasi di Egmont Group berfokus atas peningkatan kualitas dan kuantitas pertukaran informasi antar lembaga intelijen keuangan secara tepat waktu, dengan berdasarkan analisis operasional dan analisis strategis.

Pertukaran informasi antar lembaga intelijen keuangan sendiri merupakan ruh dan spirit dari dibentuknya Egmont Group. Dengan kata lain, terpilihnya Wakil Kepala PPATK sebagai Vice Chair Pokja Pertukaran Informasi tentu merupakan posisi strategis yang diharapkan mampu mengoptimalkan kerja PPATK dalam tugasnya mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang dan tindak pidana pendanaan terorisme.

Di luar terpilihnya Wakil Kepala PPATK sebagai Vice Chair, PPATK juga berkontribusi dalam berbagai proyek yang digarap oleh Pokja Pertukaran Informasi. Pada tahun 2016, PPATK turut terlibat dalam proyek "Response of Terrorist Attack". Sedangkan di tahun ini, PPATK ikut berpartisipasi dalam proyek "Business Email Compromise Project" dan juga diminta terlibat dalam proyek "Foreign Terrorist Fighter".

Wakil Kepala PPATK menyampaikan bahwa penunjukannya sebagai Vice Chair Pokja Pertukaran Informasi merupakan sebuah kehormatan, sekaligus menunjukan kontribusi positif PPATK dalam keanggotannya di Egmont Group.

"Yang lebih utama, Kelompok Kerja Pertukaran Informasi di Egmont harus menjadi sarana yang memperkuat proses pertukaran informasi antar lembaga intelijen keuangan." katanya. (RS/TA)

Tags : Wakil Kepala PPATK, Dian Ediana Rae, Vice Chair, Egmont
 
0 KOMENTAR
Periksa keamanan
Masukan tulisan dibawah ini
Tidak terbaca? muat ulang
500 Karakter yang tersisa