01 Februari 2019, 08:28 WIB | Telah dibaca : 136 kali
IFII Terima Kunjungan Delegasi Lembaga Intelijen Keuangan Rusia dan ECOFEL

Sekretaris Utama PPATK, Rinardi menerima kunjungan dari lembaga intelijen keuangan Rusia, Rosfinmonitoring (Foto: Vanni Mulyadi)

 

DEPOK – Institut Intelijen Keungan Indonesia (Indonesia Financial Intelligence Institute / IFII) menerima kunjungan delegasi lembaga intelijen keuangan Rusia (The Federal Financial Monitoring Service of Russia / Rosfinmonitoring ) dan The Egmont Centre of FIU Excellence and Leadership (ECOFEL) di Cimanggis, Jawa Barat, Kamis (31/1). Delegasi yang dipimpin oleh Deputy Director of Rosfinmonitoring, Vladimir Glotov dan Program Manager ECOFEL, Liat Shetret, diterima langsung oleh Sekretaris Utama Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan, Rinardi dan Kepala IFII, Akhyar Effendi. Kunjungan ini dilakukan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Egmont Group Meetings 2019 yang diselenggarakan sejak Selasa, 29 Januari 2019 di Jakarta, dengan PPATK sebagai komite penyelenggaranya.

“Kami masih perlu belajar untuk memperbaiki kualitas pelayanan dan pengajaran kami di IFII. Berbagi pengalaman dan diskusi tentu akan memperkaya wawasan kami dalam pengembangan semangat melaksanakan pendidikan anti-pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme. Selamat datang di IFII, semoga kolaborasi diantara kita bisa segera dimulai,” kata Rinardi dalam sambutannya.

Vladimir Glotov menyambut baik, dengan menyatakan bahwa lembaganya sangat terbuka untuk setiap kegiatan peningkatan kapasitas, bertukar pengalaman, dan penguatan rezim anti-pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme. Hal ini tidak lepas dari tipologi pencucian uang yang terus berkembang dan makin kompleks. “Ancamannya nyata terhadap integritas sistem ekonomi suatu negara,” imbuh Glotov.

Liat Shetret mengapresiasi seluruh rangkaian kegiatan Egmont Group Meetings 2019 di Jakarta, termasuk kegiatan kunjungan ke IFII yang merupakan pusat pendikan dan pelatihan APUPPT pertama di kawasan Asia Tenggara.

“Kami belajar banyak dari beragam pertukaran informasi antar lembaga intelijen keuangan. Kami belajar berbagai pengalaman dalam penanganan TPPU dan TPPT dari Amerika, Asia, Timur Tengah, dan itu merupakan pengalaman yang sangat berharga. Terima kasih untuk semua kerja keras yang telah dilakukan oleh PPATK sebagai host Egmont Group Meetings,” ujar Shetret.

Program Manager ECOFEL ini juga menambahkan bahwa kolaborasi antara ECOFEL dengan IFII akan menjadi sinergi yang menarik dan memperkaya khazanah keilmuan terkait anti-pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme.

Kehadiran delegasi Rosfinmonitoring juga diwarnai dengan presentasi dan diskusi terkait ancaman utama yang dihadapi oleh Rosfinmonitoring saat ini tentang cryptocurrencies. yang disampaikan oleh Specialist of The Financial Institute Rosfinmonitoring, Dmitry Mikhailov. Delegasi Rosfinmonitoring juga mempresentasikan berbagai pendidikan dan pelatihan yang mereka selenggarakan yang disampaikan oleh Specialist of The International Department of The Rosfinmonitoring Training Center, Inessa Lisina. (TA)

Tags : IFII, ECOFEL, Rosfinmonitoring
 
0 KOMENTAR
Periksa keamanan
Masukan tulisan dibawah ini
Tidak terbaca? muat ulang
500 Karakter yang tersisa