PPATK Raih Apresiasi Penghargaan 13 Tahun Berturut-turut WTP dari Menteri Keuangan

| 0

Foto 1. Kepala PPATK Menerima Penghargaan WTP dari Menteri Keuangan

Sumber : Dokumentasi Kementerian Keuangan

 

Setelah menerima penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) beberapa waktu lalu, kini Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) juga menerima penghargaan yang sama atas prestasi WTP selama 13 tahun berturut-turut sejak 2006. Ini adalah sebuah kebanggan tersendiri bagi PPATK.

Seperti yang dilansir dari Situs Kementerian Keuangan, Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dan Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara (LK BUN) telah mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2016 sampai dengan 2018.  Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan keuangan negara, Pemerintah terus berupaya untuk mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang sehat dan akuntabel. Dalam sambutan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2019, Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, menyampaikan, Keuangan negara memiliki peranan dan kontribusi penting di dalam mencapai kesejahteraan masyarakat, menciptakan keadilan sosial, dan pemerataan yang semakin kuat.

Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2019 dilakukan dari 11-12 September 2019 di Komplek Kementerian Keuangan, Jakarta yang bertujuan meningkatkan pemahaman dan partisipasi para pemangku kepentingan dalam penyediaan informasi keuangan negara yang andal dan relevan. Selain itu, para peserta dapat berbagi informasi terkait pengoptimalan penggunaan teknologi informasi dan basis data dalam rangka penyediaan informasi keuangan negara yang berkualitas untuk pengambilan keputusan. Dalam kegiatan ini juga, akan diberikan apresiasi kepada Kementerian Negara/Lembaga (K/L) yang Laporan Keuangannya memperoleh opini WTP, sekaligus memberikan edukasi kepada K/L yang belum memperoleh opini WTP. Pemerintah juga akan memberikan penghargaan khusus kepada K/L yang memperoleh opini WTP selama 5 kali berturut-turut atas laporan keuangan tahun 2014-2018. Penghargaan ini diberikan kepada 36 (K/L) salah satunya PPATK.

Berikut daftar penerima WTP dari tahun 2014 hingga 2018 :

Sebagian informasi disadur dari Situs Resmi Kementerian Keuangan RI

https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/siaran-pers/siaran-pers-wtp-bukan-tujuan-akhir-laporan-pertanggungjawaban-penting-untuk-perencanaan-selanjutnya/

Submit
Komentar (0)
Tinggalkan Komentar