Wakil Kepala PPATK Dipilih Sebagai Regional Representative Kawasan Asia Pasifik The Egmont Group

| 0

Wakil Kepala PPATK Dian Ediana Rae (Foto: Istimewa)

 

Den Haag – Kabar membanggakan datang dari Negeri Kincir Angin. Di negara lahirnya strategi totaalvoetbal tersebut, Wakil Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan Dr. Dian Ediana Rae dipilih secara konsensus sebagai salah satu Regional Representatives RR the Egmont Group untuk kawasan Asia Pasifik, Selasa (2/7/2019). Selain Wakil Kepala PPATK, terpilih juga DM Rupasinghe yang merupakan Direktur Lembaga Intelijen Keuangan Sri Lanka (FIU Sri Lanka), yang dalam pemungutan suara berhasil mengalahkan Manoj Kaushik yang merupakan Additional Director dari FIU India. Kedua Regional Representatives baru ini akan memulai kerja besarnya dalam mengoptimalkan komitmen kerja sama lembaga intelijen keuangan (financial intelligence units/FIU) di kawasan Asia Pasifik selama periode dua tahun ke depan dalam mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang dan tindak pidana pendanaan terorisme.

Pemilihan Regional Representatives menjadi salah satu rangkaian acara dalam kegiatan the 26th Egmont Group Plenary Meeting yang diselenggarakan di Den Haag, Belanda. The Egmont Group merupakan suatu organisasi internasional yang menghimpun FIU di seluruh dunia. Dengan kata lain, terpilihnya Wakil Kepala PPATK sebagai Regional Representatives di kawasan Asia Pasifik, yang merupakan salah satu posisi strategis di The Egmont Group, menunjukkan peran aktif Indonesia pada umumnya dan PPATK pada khususnya dalam menegakkan komitmen anti-pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme (APUPPT). Sebelumnya, Indonesia juga telah menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan the Egmont Group Meetings di Jakarta pada Januari 2019 lalu.

Sebagai Regional Representatives the Egmont Group di kawasan Asia Pasifik, Wakil Kepala PPATK akan bertugas menyuarakan kebijakan The Egmont Group kepada Regional Group kawasan Asia Pasifik, sekaligus mengkomunikasikan dan merepresentasikan pandangan dan kepentingan Regional Group kawasan Asia Pasifik kepada the Egmont Group dalam proses diskusi dan penetapan kebijakan. Wakil Kepala PPATK juga akan bertugas secara proaktif memantau perkembangan isu terkait APUPPT dan perkara teknis lainnya seperti keanggotaan di Regional Group di kawasan Asia Pasifik. (TA/AI)

Submit
Komentar (0)
Tinggalkan Komentar