Jakarta Communiqué: Keluaran Egmont Group Meetings 2019 di Jakarta

| 0

Logo penyelenggaraan Egmont Group Meetings 2019

 

JAKARTA -- Pertemuan tahunan lembaga intelijen keuangan (financial intelligence unit / FIU) dunia yang dikenal dengan Egmont Group Meetings 2019 telah selesai diselenggarakan pada Kamis, 31 Januari 2019 di Jakarta. Egmont Group Meetings 2019 berhasil menghimpun lebih dari 300 peserta yang berasal dari berbagai FIU, sejumlah organisasi internasional, dan pihak terkait guna mewujudkan kolaborasi dan sinergi yang semakin erat dalam kerja bersama mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang dan tindak pidana pendanaan terorisme.

Keluaran dari Egmont Group Meetings 2019 tertuang dalam Jakarta Communiqué, yang pada pokoknya berisi tujuan penyelenggaraan Egmont Group Meetings yaitu penguatan kerja sama pertukaran informasi intelijen keuangan baik secara bilateral maupun multilateral, penguatan kapabilitas FIU, perluasan wawasan tentang perkembangan rezim anti-pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme (APUPPT), hingga pengembangan kerja sama baru dengan berbagai pihak yang terlibat.

Egmont Group Meetings 2019 juga berhasil mengidentifikasi berbagai project lanjutan terkait peningkatan kapasitas dan efektivitas kerja sama antar FIU, serta mengembangkan glosarium untuk beberapa terminologi terkait APUPPT guna peningkatan kualitas pertukaran informasi intelijen keuangan diantara anggota The Egmont Group. Di forum ini juga, The Egmont Group berhasil membangun jalinan kerja sama antara ECOFEL (The Egmont Centre of FIU Excellence and Leadership's) bersama pusat pendidikan dan pelatihan yang dimiliki oleh berbagai FIU, termasuk Indonesian Financial Intelligence Institute (IFII). (TA)

 

Dokumen Jakarta Communiqué dapat diunduh di sini

Submit
Komentar (0)
Tinggalkan Komentar