25 April 2018, 12:28 WIB
PPATK-AUSTRAC Gelar Regional Workshop Preparing for CTF

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) bekerja sama dengan Australian Transaction Reports and Analysis Centre (AUSTRAC) menggelar Regional Workshop – Preparing for CTF (Counter Terrorism Finnancing) Summit 2018, di Jakarta 25 – 27 April 2018.

 

Pertemuan tersebut membahas Persiapan CTF Summit 2018 pada Agustus mendatang di Bangkok, Thailand. Fasilitator yang hadir dalam pertemuan tersebut yaitu Wakil Kepala PPATK Dian Ediana Rae, Nationl Manager Intelligence AUSTRAC dan Executive Director AMLC (Anti Money Laundering Council) Filipina Mel Georgie B. Racela.

 

Kegiatan tahunan ini membahas program  kerja FICG (Financial Inteligent Consultative Group) yang focus pada pendanaan terrorisme di Kawasan Asia. “Setelah pertemuan ini diharapkan pertukaran informasi mengenai pendanaan terorime di kawasan regional akan semakin efektif, “kata Dian. CTF Summit  nantinya akan dijadikan  organisasi internasional yang mengkoordinasikan kegiatan FIU di Asia Tenggara dan Australia terkait pencucian uang dan pendanaan terorisme.

 

Delegasi yang hadir berasal dari 12 negara yaitu Indonesia, Australia, Malaysia, Singapura, Laos, Filipina, Thailand, Cambodia, New Zealand, Brunei Darussalam, Myanmar dan Vietnam. Wakil Kepala PPATK Dian Ediana Rae mengatakan pertemuan ini masih merupakan pertemuan awal sebelum CTF Summit di Bangkok pada Agustus mendatang. Sebelumnya CTF summit pertama digelar tahun 2016 di Australia, Indonesia (Bali) tahun 2016 dan di Kuala Lumput tahun 2017.

 

Pendanaan terrorisme di kawasan regional menjadi fokus perhatian mengingat  pendanaan terorisme bersumber dari tindakan kriminal seperti penculikan, perampokan dan kegiatan legal lainnya. PPATK dan AUSTRAC berharap pemahaman mengenai pendanaan terorisme ini akan meningkatkan  kerjasama multilateral lembaga intelijen keuangan dalam mengidentifikasi kebutuhan anti pendanaan terorisme di kawasan Asia Tenggara dan Australia serta  mengembangkan keanggotaan Kelompok Kerja CTF Summit mencakup seluruh negara di kawasan Asia Tenggara serta Australia dan Selandia Baru. (rtp)